jump to navigation

Gerakan 1000 Surau

Gerakan 1000 Surau untuk Minangkabau

KPRRS sejak tahun 2010 sampai sekarang melaksanakan kegiatan GERAKAN 1000 SURAU UNTUK MINANGKABAU yang merupakan sebuah program aksi untuk membangun kembali 1000 Masjid/Mushala dengan perincian 180 Mesjid, 897 Mushala/Surau, 89 TPA-TPSA/MDA yang rusak dan roboh akibat gempa 7,9 SR di Padang Pariaman, Pariaman & Agam, Provinsi Sumatera Barat 30 September 2009 beserta seluruh fasilitas pendukungnya.

Dilaksanakan untuk 2 tahap pembangunan dengan waktu pelaksanaan 4 (empat) tahun anggaran (2010-2013/1432-1436 H) dengan sasaran :
1. Bangunan Masjid : 180 unit
2. Bangunan Mushala : 897 unit
3. Bangunan Gedung TPA-TPSA/MDA : 89 unit

Keseluruh unit rumah ibadah tersebut terdapat di 4 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia yakni:
1. Kabupaten Padang Pariaman
2. Kabupaten Agam
3. Kota Padang
4. Kota Pariaman

Percepatan pembangunan kembali sarana infrastruktur ibadah ini sangat dibutuhkan karena pasca gempa umat muslim di daerah bekas gempa belum dapat melaksanakan ibadah dengan baik. Praktis aktivitas peribadatan dan sosial di Surau (masjid/mushala) sebagai simbol urang minangkabau sempat terhenti dan stagnan.

Dibutuhkan dana yang tidak sedikit untuk membangun kembali ribuan masjid & mushala di Sumatera Barat. Tetapi berapa dan apapun bentuk kepedulian kita insya ALLAH akan sangat membantu agar kegiatan ini terus berlanjut dan bisa diselesaikan.

Untuk itu mohon dukungan dalam segala bentuk untuk seluruh umat islam di saentero dunia moril dan materil serta menyampaikan informasi ini kepada ummat muslim lainnya. Kami yakin seyakin-yakinnya, ALLAH akan membalas hamba-hamba-Nya yang melakukan perbuatan baik dan menafkahkan hartanya.

%d blogger menyukai ini: